Senin, 03 Oktober 2011

I Got My New Passport

Alhamdulillah yaaah,,
Saia sudah mendapatkan paspor baru lagi, setelah paspor jadul saia telah expired. Jadi kembali teringat ketika pertama kali bikin paspor, di usia 14 atau 15 tahun dulu (lupa,haha), bikin sama abah tercinta, di imigrasi banjarmasin, bayar uang jebret gitu, dan langsung disuruh foto, dan hari itu juga paspor selesai. Beberapa hari kemudian paspornya langsung ada capnya huruf arab,,dan saia sudah berada disebuah Masjid terindah didunia, semoga bisa segera kembali kesana Ya Allah,,
Amin Allohuma Amin..

Oke cerita tentang keberadaan saia di kota Suci tersebut, saia ceritakan dilain waktu saja, sekarang yang mau saia bagi adalah perbedaan bagaimana mendapatkan paspor pertama dan kedua saia,
Pada paspor pertama jaman dulu, saia buat dibanjarmasin, sama abah, kilat dan cepat dan biayanya tentu mahal juga, nah disini, di jogja tepatnya, saia mengurus semuanya sendiri, all by my self, gag juga sih, ditemani sama atikah nadia dan tiara buwono juga, dan tentunya tetap pake duit si abah, hahaha kan saia belum berpenghasilan, wkwkwk,

Mengurus paspor di kantor imigrasi yogyakarta,, so easy guys!!!, mudah sekali, asal mengikuti prosedur dan segala persyaratannya sudah dipenuhi.
Pertama kali masuk di kantor imigrasi yogyakarta, gambaran suasana disana sangat nyaman, bagus, teratur, rapi, cukup hi tech, oke lah pokoknya.
Menurut prosedur yang berlaku disana, pemohon diharuskan datang 3kali ke kantor imigrasi tersebut, hari pertama menyerahkan berkas yang isinya, formulir permohononan paspor, Fotocopy KK, FC KTP, dan FC akte kelahiran, dimasukan di map yang dibeli di lower ground kantor imigrasi, terus letakkan aja di loket satu, jangan lupa sebelumnya ambil nomer antrian dulu di mesin antri, dan dokumen yang asli juga dilampirkan. Ketika menyerahkan berkas, lalu petugas imigrasi di loket tersebut akan memberikan kita selembar kertas yang berisi, tanggal foto dan wawancara. Setelah dapat tu kertas, pulaaang deeeh...cepatkan???
kalo datangnya sebelum jam 8 pagi malahan insyaallah ga bakalan ngantri, klopun ngantri paling cuma bentar doank, mentok2 paling lama cuma 15 menit dikantor situ.

Hari kedua datang, yaitu hari dimana tertulis tanggal dikertas yang dikasih oleh petugas loket 1 kemaren, saia datang dengan bawa tu kertas ke loket 1 lagi, terus tinggal nunggu panggilan bayar, foto, dan wawancara, ajigilee pake acara wawancara segala, dah kaya mau ngapain aja gitu, haha
hari kedua ini lumayan rame, soalnya saia datang jam 10, dan tu kantor isinya kebanyakan muda-mudi alias mahasiswa juga yang pada mau travelling dan backpackeran 'mungkin', ato mau kuliah keluar negri 'mungkin', mungkin yang kedua, atau mau nyari kerja diluar negri 'mungkin',mungkin yang ketiga, dan mungkin2 selanjutnya,,haha..
Setelah bayar, kemudian foto, fotonya kalo cwe yang pake jilbab, jilbabnya harus dimundurin mpe keliatan jidatnya,hahaha, alhasil, 'niscaya', semua perempuan berjilbab yang bikin paspor, pasti foto mukanya gag karuan.
hahaha
Terus lanjut wawancara, ditanyain 3 pertanyaan, dan saia hanya menjawab dengan 4 kata, dan ngasaaaaallll,
pertanyaan pertama, pekerjaan apa?? saia jawab 'mahasiswa'..
pertanyaan kedua, tujuan buat paspor?? saia jawab 'berlibur'
pertanyaan ketiga, negara tujuan?? saia jawab 'Peru, machupicchu'
yang wawancara langsung mengerutkan dahi, hahahaha
setelah itu disuruh tanda tangan deh dibuku paspornya, terus kita dikasih kertas yang tertera tanggal pengambilan paspornya.

Hari ketiga yaitu hari dimana tertulis tanggal pengambilan pasport dikertas yang di dapat pada waktu wawancara. Tinggal pencet tombol loket 6 di mesin antri, tunggu panggilan, klo udah dipanggil serahin kertas ma kwitansi pembayaran, terus paspor dah ditangan deeeeh, mudahkan..
Ayo Ayo segera buat paspor, begitu mudah, begitu murah, bayangkan, membuat paspor 48 halaman, hanya 255ribu rupiah, dan valid sampai 5 tahun, klo yang 24 halaman malah lebih murah lagi, cuma 105ribu.
ada banyak keuntungan yang didapat kalo kita buat paspor, yang paling logis adalah paspor bisa digunakan sebagai identitas diri (walopun udah ada ktp,ato sim), terus, gampang juga klo mau nyari beasiswa luar negri, krna ada bberapa universitas luar yang mensyaratkan "memiliki paspor" pada pelamar beasiswanya, terus yang paling penting kita bisa menghilang 'ting' tiba-tiba ke negara yang kita mau, seperti gayus dan nazarudin,,hahaha.
Ga usah dipikir mau ada cap negara lainnya kapan di buku tu, yang penting punya dulu tu buku paspor, buat tempat ngecapnya, klo bukunya dah ada, semoga nanti cap negara lainnya segera menempel juga, amiiin Ya Allah..
Yang jelas, saia harus menyelesaikan tanggungan saia dulu sebagai seorang mahasiswi apoteker,,pkpa yg benar, lulus kompre dengan selamat, disumpah,
(cape2 kuliah malah 'disumpahin' akhirnya hahaha)
Lalu lanjutkan hidup,,Mudahkan segala urusan saia Ya Allah...Amin..







Tidak ada komentar:

Posting Komentar