Minggu, 23 Oktober 2011

Kurma Ambar


Pagi ini saia membuka mata dalam keadaan perut yang bergejolak, bukan karena mules, atau maag, tapi karena lapar!! hungry sangad!! oke, saia segera melakukan tindakan P3K, pertolongan pertama pada Kelaparan, saia mulai meneropong seantero kamar, dan saia menemukan banyak makanan, yuppy!!! berbagai jenis roti yang memang saia timbun sebagai bahan sarapan, dan ketika saia sudah mulai menaruh harapan yang besar pada roti tersebut, tiba-tiba mata saia menyorot satu bagian di roti tersebut, tanggal kadaluarsanya, owh MyGod!!! it expired today, oke, kita pindah ke roti lainnya, sama juga tanggalnya, roti yang lainnya juga. Lah jan!! Kepriwe kiye, laper Jee..

Tiba-tiba saia teringat pada sesuatu yang sudah lama tidak saia jamah, dan saia yakin ini cukup mampu menolong, sesuatu yang tersimpan disebuah toples di atas dispenser, ahaaaaa kurma!!!!
Ya,, saia penyuka kurma dan kismis, dan alhamdulillah selama ini saia selalu punya persediaan makanan tersebut dikamar. Akhirnya saia tertolong hanya dengan satu biji kurma, ya, cukup satu biji kurma saja, kurma Ambar. Kurma Ambar adalah salah satu kurma asli kota Madinah, bentuknya besar, mungkin 3-5 kali lebih besar dari pada kurma biasa, dan mungkin bisa sampai 8 kali lebih besar kalo dibandingkan dengan kurma nabi (ajwa). Kurma Ambar ini memiliki rasa manis yang pas, dan dagingnya tidak lembek, ini yang membuat kurma Ambar begitu enak.

Pertama kali kenal dengan kurma ini beberapa tahun yang lalu, ketika saia diajak abah jalan-jalan ke pasar kurma di Madinah, tidak jauh dari Masjid Nabawiy, pasar tradisional yang isinya dari ujung ke ujung kurma melulu..(namanya juga pasar kurma,hehe), Wow, ketika sampai didepan pasarnya, saia sampai kaya orang linglung, melihat kurma dimana-mana,, ajiiib,,,lantas saia bilang sama abah, 'pokoknya kita harus beli kurma ajwa yang banyaaaaaak' karena memang pada waktu itu saia nngefans berat dengan kurma ajwa hehe, terus abah bilang, "adalagi kurma yang enak cy, namanya kurma Ambar, nanti kita beli", kata beliau.
Oke, setelah menyisiri beberapa toko, dan akhirnya kami menemukan toko kurma yang cukup bonafit, dengan pilihan kurma yang berbagai macam. Setelah proses tawar menawar, akhirnya kami membeli kurma Ajwa dan kurma Ambar, waktu itu kalo tidak salah ingat, harga kurma ajwa sekitar 50an SAR (Saudi Arabian Riyals) dan kurma Ambar sekitar 30 SAR, dan para pedagang disana cukup fasih berbahasa indonesia loh,, wah pokoknya menyenangkan banget belanja disana (buat yang suka kurma looh). Dan saia ingat betul bagaimana susahnya si abah membawa kurma Ambar sebanyak 15 kg, sampai di hotel langsung saia sambar itu Ambar dan ternyata memang ajiib...ajiiib..ambar..ambar..ajiib,jib,jib. hahaha

Oke kembali ke topik kurma Ambar yang ada dikamar saia, kurma ambar ini saia bawa dari rumah, ketika pulang lebaran kemarin, alhamdulillah abah baru beli tu kurma langsung dari asalnya, buat persediaan selama ramadhan dan masih bersisa. saia hanya makan 1 biji kurma pagi ini , dan sudah cukup mengenyangkan, kenapa?? iyup betul, glukosa yang ada di kurma tersebut cukup tinggi, dan seperti kita tau, glukosa adalah salah satu jenis karbohidrat sederhana yang merupakan sumber energi, selain glukosa, kurma juga mengandung karbohidrat sederhana lain seperti sukrosa dan fruktosa, hal inilah yang membuat kurma cukup mengenyangkan perut. Dan alhamdulillah saia selamat dari kelaparan setelah makan kurma Ambar, ayo yang belum pernah nyicip, silakan datang ke kos saia masih ada sisa 4 biji tuh di toples, atau beli dewe di toko kurma terdekat, hehehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar