Sabtu, 07 Januari 2012

Got A New Mushaf


Alhamdulillah, kemarin saia dikasih hadiah yang super duper bagus oleh seorang teman yang sudah saia anggap seperti sodara saya sendiri, hei Hendrik :D,,
Dia memberikan saia sebuah Mushaf Al Quran edisi ilmu pengetahuan, Quran yang dia dapat dari sebuah lomba katanya, gag ngerti juga lomba apa, yang jelas ketika dia mau ikut tu lomba yang hadiahnya Quran dengan berbagai macam edisi, dia minta didoakan biar menang dan berjanji klo menang hadiahnya akan diberikan kepada saia, tentulah ya saia getol mendoakan dia biar menang, hahahaha.
Beberapa hari kemudian dia mengabarkan dia jadi salah satu pemenang dilomba tersebut dan kebagian Al Quran yang edisi ilmu pengetahuan, Waaaawww tentulah saia senang bukan kepalang, akan tetapi karena kesibukan saia yang super duper padat, saia dan hendik tidak bisa menemukan waktu yang tepat biar Hendik bisa menyerahkan Al quran itu, dan akhirnya setelah hampir 2 bulan Al Quran itu ada di Hendik, bahkan sempat hilang katanya, sekarang Al Quran itu sudah ditangan saia, Alhamdulillah..

Ramadhan kemarin saia dan Hendik sempat balap-balapan khatam Al Quran, dan saia kalah, saia baru bisa mengkhatamkan Quran tepat sehari sebelum pergantian tahun 2011 ke 2012 kemarin,, semenjak kuliah di UII Yogyakarta, saia menjadi senang sekali membaca Quran dan terjemahannya, kenapa? karena waktu masuk kuliah dapat Mushaf Quran dan terjemahan, dimulai dari situ saia jadi suka membaca terjemahan quran,(pada dasarnya saia memang suka membaca) biasanya hanya membaca lafal qurannya saja kemudian saia membeli Quran saku terjemahan berwarna merah yang bisa dibawa kemana-mana dan Alhamdulillah, saia selalu punya target untuk bisa khatam Al quran minimal 1 kali dalam setahun, walopun tu target kadang-kadang tercapai kadang-kadang enggag, tapi Alhamdulillah taun 2011 kemarin tercapai.

Oke, back to Quran edisi ilmu pengetahuan, apa yang berbeda dari Quran biasa?
Isinya pastilah sama, gag mungkin berbeda, yang berbeda hanya, diedisi khusus pada setiap ayat dan terjemahan tentang ayat-ayat yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan akan di Bold dengan warna biru dan disertai penjelasan-penjelasan lengkap, seperti ayat 10:5 (Yunus:5):
"Dialah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan Dialah yang menetapkan tempat-tempat orbitnya agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu).Allah tidak akan menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (Kebesarannya) kepada orang yang mengetahui"
Penjelasan mengenai ayat diatas adalah:
Dengan menggunakan kata "dhiya" untuk matahari dan "nur" untuk bulan, Al-Quran mengisyaratkan adanya perbedaan antara keduanya. Ilmu pengetahuan menunjukan, cahaya matahari beasal dari dirinya sendiri(radiasi hasil reaksi fusi nuklir didalam intinya) sedangkan sinar bulan tidak berasal dari dirinya sendiri melainkan pantulan dari sinar matahari.

WOW!!!!! keren banget kan ni Quran,, dahsyat,,
banyak lagi contoh ayat-ayat yang lain seperti penciptaan langit dan bumi, kemudian penciptaan besi, proses penciptaan manusia, dan masih banyak lagi yang lainnya. saia yakin setiap orang yang membaca quran ini pasti akan berkobar-kobar kembali keimanannya, karena di Quran ini lebih didetailkan lagi terjemahan tentang apa saja kebesaran dan kekuasaan Allah yang nyata ada dibumi ini, yang kadang-kadang kita tidak sadar akan adanya kebesaran dan kekuasaan Allah tersebut. Al Quran memang luar biasa, AllahuAkbar!!!

Banyak sekali keutamaan yang kita dapat jika membaca Al Quran, jangan kan membaca, hanya mendengarkan orang lain membaca saja, kita sudah mendapatkan rahmat, seperti yang Allah katakan di Surah Al A'raaf 204:
“Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat”.
beberapa hadis yang menunjukan keutamaan Al Quran seperti:
1. Rasulullah SAW bersabda, ”Sebaik-baik orang diantara kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhori).
2. Sabda Rasulullah Saw: “Bacalah Al-Qur’an, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafa ‘at bagi pembacanya.” (HR. Muslim dari Abu Umamah)
3. Dari Ibnu Mas’ud ra, katanya: Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. At-Tirmidzi, hadits hasan shahih).
4. Dari Aisyah ra, katanya: Nabi Saw bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al-Quran dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” (Hadits Muttafaq ‘Alaih). Dua pahala, yakni pahala membaca dan pahala susah payahnya.

Bicara tentang al Quran saia jadi kembali teringat ketika saia belajar mengaji di TPA, Taman Pendidikan Al Quran, saia masih ingat, saia belajar Iqra ketika umur 4 atau 5 tahun, saia masih TK, kecil sekali, tapi saia sudah berani berangkat ke TPA sendirian, pakai sepeda, dulu sepedanya dibilang sepeda mini, dan yang saia paling ingat, sepeda saia tidak ada kakinya, alias standarnya, jadi sama Abah saia diajarkan caranya markirin tu sepeda tanpa harus direbahkan, yaitu dengan cara menggunakan pedal sepedanya sebagai kakinya (standarnya) karena sepeda saia kecil, ukuran pedal dengan tanah cukup dekat, sehingga kalo sepeda dimiringkan hingga pedal sepeda menyentuh tanah, sepeda tersebut tidak akan jatuh. Whahaha.
Kemudian biasanya sebelum pulang, di TPA diajarkan suatu nyayian, yang setelah agak besaran saia baru paham kalo nyayian tersebut adalah sebuah Doa dan artinya bagus sekali, dan sampai sekarang saia masih hapal Doa ini:

Allahummarhamna bil Qur’an

Waj’alhulana imamaw wa nurrow wahudaw wa rohmah

Allahumma dzakkirna min huma nasiina wa a’limna minhuma jahilna

Warzuqna tilawatahu aana

Allaili wa athrofannahar

Waj’alhu lana hujjatan

Ya Robbal ‘Alamin

Ya Allah, sayangilah kami dengan Al Quran dan jadikanlah Al Quran sebagai cahaya penuntun dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami dari segala kekhilafan kami dan ajarilah kami dari segala kebodohan kami, anugerahilah kami dengan bacaan Quran sepanjang malam dan siang, serta jadikanlah Al Quran sebagai kekuatan kami, wahai Tuhan semesta Alam

And the last, makasih banyak ya sodara Hendrik Prayitno atas pemberiannya, Insyaallah akan selalu saia baca, dan pahalanya juga akan sampai kepada Anda :D







Tidak ada komentar:

Posting Komentar