Minggu, 22 Januari 2012

Keep Calm and Study Hard Desy !!!!


Okey, baiklah, Hari ini hari Minggu 22 Januari 2012. berarti Saia sudah melewati tanggal 21 Januari 2012. Alhamdulilllah, sudah selamat melewati tanggal tersebut, ada apa memangnya ditanggal tersebut?? Ada ujian kompre Industri donk!!,
Well, apakah kalian tau seperti apa rasanya menghadapi Ujian Komprehensive Apoteker Bidang Industri??? Rasanya emmh, emmh,,emmmh, menyenangkan!!!
Tidak seperti yang dibayangkan dan tidak seperti yang orang-orang katakan. Bayangngan yang muncul sebelumnya cukup menggentarkan, menghadapi 2 orang penguji, duduk berhadapan, didalam suatu ruangan kelas, dan hanya ada 3 orang didalamnya, Penguji, Penguji dan Saia!!!!!
Dan ketika hari H tiba, saia sampai dikampus dengan segala bekal ingatan dan ajian yang lengkap, serta perasaan yang sebenarnya biasa saja, tidak takut, tidak deg-degan, tapi tiba-tiba menjadi super duper deg-degan ketika melihat segerombolan teman-teman yang sibuk komat-kamit melafalkan banyak hal, dan saia sadar, saia bahkan begitu asing dengan apa yang mereka lafalkan,aliasnya saia tidak belajar apa yang mereka pelajari!!! Owh My God!!! What Should I do???!! yang ada dalam pikiran saia adalah kenapa mereka bisa belajar sampai kesana dan saia tidak??? tetapi melihat keadaan seperti itu saia bukannya segera ikut bergabung dengan mereka, saia malah memilih untuk duduk saja melihat kegiatan mereka, sambil mengingat2 kembali apa saja yang sudah saia pelajari, dan meyakinkan diri bahwa apa yang mereka2 hapalkan tidak akan ditanyakan penguji. Saia kembali tenang, dan dalam hati tidak berhenti membaca berbagai macam doa penyelamat.Hahaha.

*Sehari sebelumnya*
Saia berusaha untuk belajar maksimal, saia baca semua referensi yang ada, Buku Manajemen Farmasi Industri, Laporan PKPA, Soal-soal kompre, Petunjuk Operasional CPOB, belum lagi jurnal-jurnal dan artikel yang terkait Industri Farmasi, dan lihat apa yang terjadi, saia kelimpungan, bimbang, gundah gulana, rapuh dan tak berdaya!!! hahahahaha. Saking bingungnya dengan banyaknya tu referensi, saia memilih untuk istirahat dulu aaahh, berselancarrrr dulu di YouTube, setelah puas surfing di Youtube dan tidak menimbulkan suatu ketenangan, akhirnya saia mencari jalan lain, telpon Mamake Bapake waelah,
setelah menelpon mereka dan saia ungkapkan tentang apa yang tengah melanda saia, tiba-tiba suara lantang abah bergema dikuping!!!! "ngapain kmu begitu khawatir, bukannya temen2 kmu jg bsok menjalani ujian yang sama? lantas kenapa khawatir??ada banyak orang lain yang lebih dibawah kamu kemampuannya, dan mereka baik-baik saja, terus kenapa coba kmu pke acara gundah gulana? Tawakkal kepada Allah, usaha, lalu serahkan, jangan lupa dhuha dan tahajud"
trs mamake juga ikut bersuara, "sholat lima waktu juga, percuma aja tahajud ma dhuha klo yang wajib gag dikerjain" ,
oke,oke,oke baiklah,baiklah, apa yang terjadi pada saia, itu hanya karena Jetlag!!!! bukan karena penerbangan tapi karena kebanyakan bahan bacaan.Hahahaha. Setelah menutup pembicaraan dengan bapakemamake, saia kembali normal, dan kembali belajar, dengan tenang, sambil makan popcorn rasa duren dan mendengarkan musik paporit hahahaha.

#Back to 21 01 12#
Oke, beberapa menit setelah saia duduk sambil mengingat kembali apa-apa yang saia pelajari (dan membaca doa tentunya), penguji masuk ke dalam ruang kelas, dan absen pertama dipanggil, teman saia masuk, saia menunggu giliran, sambil sesekali mengintip aktivitas yang terjadi didalam lewat jendela, tampaknya teman saia baik-baik saja didalam, dan keadaannya terlihat kondusif, sekitar 30menit kemudian dia keluar membuka pintu dan langsung diserbu oleh teman-teman saia yang lain, saia tidak ikut menyerbu, bukannya sombong atau kenapa-kenapa, tapi saia harus menyerbu yang lain, menyerbu penguji, hahaha, saia adalah absen berikutnya yang harus masuk ke ruangan.
Ketika saia masuk, semuanya serba biasa, tidak deg-degan, tidak apapun, pokoknya muka saia no ekspresion -_-, baru duduk naroh pantat, and i dunno why, penguji-penguji saia itu malah senyum-senyum tidak jelas, apakah wajah saia begitu lucu ya??? yang jelas adegan pertama adalah adegan cekikikan antara saia dan penguji. Okey, pertanyaan pertama dari penguji pertama adalah saia harus menjelaskan alur bahan baku datang dari proses Purchasing hingga bahan-bahan tersebut sampai ke ruang produksi, berikutnya adalah mengenai 12 aspek CPOB, kapan CPOB pertama diIndonesia?, dan yang sekarang beredar CPOB tahun berapa? dan mengacu kemana? kemudian ditanyakan mengenai sistem Air untuk produksi yang ada di tempat saia PKPA, dan yang terakhir tentang uji stabilitas, saia bisa menjawab semua pertanyaan2 itu, dengan lancar, wajah meyakinkan dan sok bener, soal benar tidaknya tu jawaban belakangan, yang penting Performa menyakinkan!!! wkwkwk, dan sampai pada pertanyaan tentang uji stabilitas, saia jawab tanpa mikir (bukan karena saia expert, tapi karena saia lupa!!!) dan bapaknya hanya mengeluarkan 1 kalimat sambil tersenyum manis sekali, Dibuka lagi yah Bukunya, bhahahahahahaha, itu menandakan sesuatu telah terjadi pada jawaban-jawaban tentang uji stabilitas yang meluncur dari mulut saia. Okey, salah itu biasa, lagian saia juga baru salah dipertanyaan terakhir. jadi saia simpulkan saia bisa melewati penguji pertama dengan selamat.

Lanjut penguji berikutnya, beliau akan menguji berdasarkan laporan yang kami buat. Dan pembukaannya beliau berkata, "saia buka laporannya dari belakang ya mbak desy, klo dari depan kan sudah biasa",, gedebuk!! tiba-tiba perasaan seperti ada sesuatu yang menghantam diperut, bapaknya buka dari belakang, dari bagian lampiran laporan, dan saia tidak belajar lampiran sama sekali, aiisssshhhh, tapi ketika pertanyaan pertama meluncur dari mulut sang penguji, saia kembali tenang, saia bisa kok, pertanyaan berikut2nya terkait dengan Quality Assurance, Quality Control, Produk antara, Produk ruahan, produk jadi dan bahan baku. oke sampai pertanyaan bahan baku saia masih bisa menjawab dngan lancar, walopun lagi-lagi benar apa tidaknya tu jawaban, urusan belakangan. Lantas penguji berbicara," ini pertanyaan terakhir dari saia, Mbak desy bawa kertas??", "enggag pak", tiba2 penguji disebelahnya menyodorkan kertas, dari ekspresi bapaknya agak mencurigakan nih, disuruh ngapain pake kertas2 segala? sambil tersenyum manis beliau berujar,
"silahkan mbak desy gambarkan reaksi yang terjadi pada ion exchange", DUARRRRR!!!!!! beneran meledak! bukannya apa-apa, reaksi ini adalah reaksi yang paling ingin saia pelajari, maksudnya, dari pertama kali saia belajar tentang resin penukar ion, saia memang ingin mengingat kembali proses kimiawi bertukarnya kation dan anion yang ada di air dengan kation dan anion yang ada diresin, gugus apa saja yang dipertukarkan dan bagaimana reaksinya tapi saia selalu lupa untuk kembali membuka tu buku dan ingatan saia pun tidak bisa membantu, Astagfirullah,
beberapa sebelum hari ujian kompre pun saia selalu membatin, ingat, nanti jangan lupa belajar reaksi yang terjadi diresin penukar ion, mungkin lebih dari 10 kali saia membatin, tapi apalah daya!! Lupa!!! dan akhirnya saia menyerah, saia bilang pada bapak penguji, secara teori saia bisa menjelaskan pak, tapi klo disuruh menggambarkan reaksinya, saia lupa pak", dan bapaknya tertawa, mungkin bapaknya puas karena saia akhirnya mengibarkan bendera putih juga. Dan akhirnya saia keluar ruangan dengan wajah datar lagi, dan saia kecewaaaaaaaaaaaaaaaaaaa, saia kecewa pada diri saia sendiri, bukan mngenai keseluruhan ujian, tapi pada pertanyaan penutup dan pamungkas tadi. Hello desy!!!!! anda sudah diberi sign beberapa kali bahwa bagian itu pasti akan ditanyakan diujian, dan anda juga sdh diingatkan untuk belajar tentang hal itu beberapa kali!!!! dan anda Lupa,, itukan konyol sekali!!!!! Astagfirullah, sudahlah, hari kemaren sudah berakhir T_T.

Well, secara keseluruhan ujian kompre saia kemaren bisa dikatakan cukup lancar, walopun ada beberapa pertanyaan yang tidak bisa saia jawab, yah saia rasa untuk mendapatkan predikat "lulus" saja cukup, saia tidak muluk-muluk tidak berharap dapat A atau bagiamana, lulus saja sudah Alhamdulillah.
Pelajaran yang saia dapatkan adalah, biasakan untuk selalu ikuti kata hati, intuisi kita, klo intuisi kita bilang belajar!, segera belajar, jangan ditunda-tunda, kemudian tetap yakin dengan kemampuan sendiri, jangan mudah terbawa suasana, ketika semua orang gugup dan nervous menghadapi ujian, Stay Calm!!! Tetap yakin bahwa Allah akan menolong kita.
Belajar lagi lebih keras untuk menghadapi 2 ujian kompre yang tersisa di tanggal 25 dan 27 Januari nanti. Jangan mengulangi kesalahan yang sama lagi. Dan terimakasih untuk teman-teman dan sanak keluarga yang sudah berbaik hati bersedia menyelipkan nama saia dalam doa kalian,
Allah yang akan mengganti kebaikan kalian^_^,
Please keep pray for me,
Semoga saia diberi kemudahan lagi untuk menghadapi ujian kompre berikutnya, Amin Ya Allah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar